Course image BOTANI TPTP 1A
SEMESTER I

Ilmu BOTANI adalah yang mempelajari tentang dunia tumbuh-tumbuhan.

Course image BOTANI TPTP 1B
SEMESTER I

ILMU BOTANI adalah yang mempelajari tentang dunia tumbuh-tumbuhan.

Botani terdiri dari dua bagian : morfologi dan anatomi tumbuhan.

Mata kuliah morfologi tumbuhan mempelajari  susunan dan struktur bagian luar tumbuhan.   Struktur bagian luar tumbuhan dapat di lihat secara langsung  dengan mata telanjang tanpa alat bantu.

Mata kuliah anatomi tumbuhan dimaksudkan tentang susunan  anatomi dan struktur dalam tumbuhan. Struktur dalam tumbuhan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang  tetapi memerlukan alat alat pembesar yang di kenal sebagai mikroskop. Struktur dalam tumbuhan tidak mengalami perubahan dari masa ke masa dan merupakan ilmu dasar yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan baik dalam bentuk dan fungsi.

Course image Psikologi Sosial
SEMESTER I

Mahasiswa mampu  memahami pengertian psikologi social, ruang lingkup kajian, sejarah perkembangan psikologi sosial dan kaitannya dengan ilmu lain, konsep dasar psikologi social, perilaku dalam kelompok, keterampilan sosial, isu gender, dan masalah- masalah kesehatan dan hukum dalam perspektif psikologi sosial. 

Interaksi sosial manusia di masyarakat baik itu antar individu, individu dan kelompok ataupun antar kelompok memiliki respon kejiwaan. Reaksi kejiwaan seperti sikap, emosional, perhatian, kemauan. Kemudian juga motivasi, harga diri dan lain sebagainya tercakup dalam psikologi sosial. Psikologi sosial merupakan ilmu mengenai proses pekembangan mental manusia sebagai makhluk sosial. Dengan demikian, psikologi sosial mempelajari hal hal yang meliputi perilaku manusia dalam konteks sosial.


Course image Pendidikan Agama Islam TPTP 1A
SEMESTER I

Mata Kuliah ini merupukan salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) di Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia

Course image Karakter Budaya Perkebunan
SEMESTER I

Mata kuliah ini berisi tentang perilaku dan sosial budaya masyarakat perkebunan dan sekitar perkebunan, kearifan lokal dalam mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA), memanfaatkan SDA bagi kesejahteraan masyarakat, menjaga dan melestarikan keseimbangan lingkungan (biodiversity) yang dikelola, mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), menerapkan 10 Perilaku Budaya Kebun dan menerapkan 10 Karakter Budaya Perkebunan